Petugas DAMKAR OKU Selatan Bersama Anggota Polsek Buay Sandang Aji dan Masyarakat Gerak Cepat Memadamkan Hot Spot Di Wilayah Kecamatan Buay Sandang Aji

PETUGAS PEMADAM KEBAKARAN OKU SELATAN BERSAMA ANGGOTA POLSEK BUAY SANDANG AJI BESERTA MASYARAKAT BAHU MEMBAHU MEMADAMKAN HOT SPOT YANG BERPOTENSI MENJADI KARHUTLA DI WILAYAH BUAY SANDANG AJI

GunungTerang-Rabu (4/10/2023) terjadi karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) di dua titik yaitu lokasi Desa Gunung Terang tepatnya belakang SMA NEGERI 1 Buay Sandang Aji dan Desa Tanjung Raya,

Berkat gerak cepat Petugas pemadam dan Anggota Polsek Buay Sandang Aji yang mendapatkan Informasi segera dari Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Buay Sandang Aji Dra. Suwarni dan Kades Tanjung Raya Ahner maka hotspot yang berpotensi menjadi kebakaran yang meluas segera bisa ditanggulangi.

Turut Hadir di lokasi dan Ikut membantu dan memberikan arahan terhadap tanggap cepat pemadaman Karhutla tersebut Camat Buay Sandang Aji Edy Yonson, SE.,MM, Kapolsek Buay Sandang Aji Ipda Roby Fachrian,SH dan Sekcam Buay Sandang Aji Junaidi,SE

Ditemui setelah peristiwa tersebut Camat Buay Sandang Aji mengatakan : Saya ingin mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Petugas Pemadam Kebakaran, Kapolsek beserta seluruh anggota dan seluruh masyarakat Kecamatan Buay Sandang Aji. Berkat kerja sama yang baik peristiwa karhutla ini bisa kita atasi dengan baik , seterusnya saya ingin berbicara tentang bahaya karhutla yang sering muncul selama musim kemarau, terutama ketika El Niño melanda wilayah kita.

El Niño adalah fenomena alam yang dapat menyebabkan peningkatan suhu dan kurangnya hujan. Ini berarti kekeringan bisa menjadi masalah serius bagi kita di sini. Namun, yang lebih buruk adalah ketika kebakaran hutan dan lahan terjadi sebagai akibat dari kondisi ini.

Kebakaran hutan dan lahan, atau karhutla, adalah ancaman serius bagi lingkungan dan kesehatan kita. Asap yang tebal dapat menyebabkan masalah pernapasan dan dapat membahayakan kesehatan kita, terutama anak-anak dan lansia. Selain itu, karhutla juga merusak ekosistem hutan yang berharga dan habitat satwa liar.

Untuk menghadapi bahaya ini, kita semua memiliki peran yang penting. Pertama, mari kita jaga hutan kita dengan tidak melakukan aktivitas membakar sembarangan selama musim kemarau. Kedua, jika kita melihat kebakaran hutan, segera lapor kepada pihak berwenang.

Kita juga perlu bekerja sama dalam upaya pencegahan. Mari kita edukasi tetangga kita tentang bahaya karhutla dan ajak mereka untuk bersama-sama menjaga lingkungan kita.

Saya berharap kita semua dapat berperan aktif dalam melindungi wilayah Kecamatan Buay Sandang Aji dari bahaya karhutla. Kita adalah garda terdepan dalam menjaga kelestarian lingkungan kita”

editor : Erwin Firdiansyah, SE 

 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*